Rabu, 21 September 2011

Me and Luna, ngabuburit.. (It's about ngomongin orang)


Luna, anak tetangga menghampiriku yg sedang membaca buku diteras rumah. Bawa gitar, minta diajarin main gitar olehku.

"Tante Riri.. Emang kalo bulan puasa kita ga boleh ngomongin orang yaa..?" Tanya ABG manis kelas 3 SMP itu tiba2.

"Ngomongin orang.. ? Kaya apa nih..? Kalau ngomongin orang dari sisi baik2nya, yang bisa memberi inspirasi positif buat kita atau orang lain boleh koq.." Kataku

"Ooh gitu yaa, kalo kita ngomongin yang kira2 kurang baik?" Tanyanya ragu2 dan malu2.

"Hmm, kl itu bisa membuat kita jadi orang yang lebih baik, atau bisa membuat orang lain tidak melakukan hal2 yang tidak baik kayanya boleh2 aja.." Kataku lagi

"Kalau tujuannya bukan itu?"

"Maksud Luna?" Tanyaku sambil menutup buku Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki berjudul 'Semalam Bersama Jibril'

"Ssttt.. Aku punya temen tante, namanya Mitha.. cantik, pinter, baik.. Tapi aku kurang suka samaa dia.. Soalnya udah beberapa kali aku naksir cowok, eeh cowoknya naksir dia.. Trus aku diem2 suka ngintai apa aja kejelekan dia, dan kejadian-kejadian yang kurang baik dari dia, trus aku ceritain deh sama beberapa temen atau cowok2 yang aku taksir.."

"Ups?!" Aku sedikit mengernyitkan alis. "Contohnya?"

"Ga banyak sihh.. Abis Mitha perfect banget, nyaris ga ada berita buruk yang bisa dibahas dari dia. Tapi terakhir aku denger orang tuanya Mitha bercerai.. Trus aku ceritain sama bbrp temen. pernah juga sekali waktu Mitha deket sama Anto, trus aku bilang ke orang2.. Ihh si Mitha itu kemarin deket sama Firman, trus sama Bintang, eeh sekarang deket sama Anto.. Kayanya gampangan banget ya? Gitu tante.." Kata Luna bernada menyesal.

"Luna, tante yakin tidak ada orang tua yang mau bercerai, kalaupun itu terjadi pasti ada alasan yang kuat yang membuat itu terjadi.." Kataku menahan nafas

"Iya tante.."

"Apa Mitha banyak temennya?"

"Iya sih tan, dia deket sama temen2, baik perempuan maupun laki2.. Dia juga deket sama kepala sekolah, guru, sampe penjaga sekolah.."

" Trus kalau Mitha deket sama Firman, Anto atau Bintang kenapa?"

"Itu dia tante.. Aku awalnya naksir Firman.. Ternyata Firman deket sama Mitha, begitu juga waktu aku naksir Anto dan Bintang.."

"Mitha baik ga sama kamu Luna?"

"Itu dia masalahnya tan, Mitha baik dan ramah banget sama aku.." Kata Luna dengan wajah polos, bingung dan menyesal

"Hehee.. Ok sayang, sekarang berhenti kamu mikirin Mitha. Coba kamu konsen kediri kamu sendiri.." Kataku. Luna terdiam sambil memandangi wajahku

"Tanya pada diri kamu, kamu sirikkah pada Mitha?"

"Iya tante.. Aku sirik banget.."

"Apa yang bikin kamu sirik?"

"Dia pinter.."

"Kalo gitu kamu harus belajar lebih giat, biar pinter juga, bahkan lebih pinter dari Mitha"

"Dia juga deket sama orang banyak.."

"Kamu bisa koq deket dengan banyak orang, dengan cara ramah dan baik pada semua orang.." Kataku

"Cowok2 yang aku taksir semuanya naksir Mitha tante.."

"Yakin naksir? Jadian? Atau memang hanya berteman?"

"Naah itu dia tante aku ga tau.."

"Kamu ga tau karena fikiran kamu udah langsung tertutup oleh kecemburuan kamu yang akhirnya emosi, trus lebih memilih jalan pintas dengan menjatuhkan Mitha dimata cowok2 daripada kamu memperbaiki diri agar dilirik sama cowok2 yang kamu taksir yaa..?"

"Iya tante.. Koq tante tau?! Kelakuanku jelek banget ya tan.." Tanyanya..

"Hehee.. Banget sih enggak sayang, tapi memang tidak baik bersikap kaya gitu.. "

"Aku banyak kekurangan ya tan?!"

"Enggak juga ah, kamu manis, dan kamu orang yang jujur.. Buktinya berani mengungkapkan ini sama tante, hehee.. Kurangnya kamu cuma dikit sayang, kamu males.."

"Males??"

"Yups, males memperbaiki diri agar jadi sosok yang lebih baik.. Sirik sama orang syah2 aja Luna, asal disikapi positif oleh kita.. Kl sirik oleh kecantikan orang lain, percantiklah diri kamu, kl sirik oleh prestasi orang lain, berusaha berprestasilah kamu, dan yang lebih penting adalah.. Semua orang punya kekurangan dan kelebihan, begitu juga kamu.. Jadi berbangga dan bersyukurlah dengan kelebihan yang kamu punya.." Kataku panjang lebar.

"Iya sih tan.. Harusnya begitu.. Hehee" kata Luna semangat

"Good! Nice girl.. Ok, jadi mau belajar ngegitar?" Kataku

"Mauuuu..."

"tugas dari sekolah..?"

"Ssttt.. Sebetulnya bukan tante, aku lagi naksir Carlo, anak baru disekolah.. Dia tuh jago gitar, aku mau minta ajarin gitar kedia, dia janji mau ngajarin aku minggu depan. Tapi aku minta ajarin dulu ke tante Riri, paling tidak aku tau dasar2nya, biar nanti kl Carlo ngajarin akunya ga kaku2 amatt.. Hihiii.."

"Good.. ! Itu cara yang tepat buat PDKT, daripada panik takut anak baru itu ngedeketin si Mitha, trus kamu heboh ngejelek2in Mitha lagi..? Hehee.."

"Hahahaa, engga lah tan.. Ga funky bangett.. Hari gini sirik sama orang.. Sayang waktu mending digunakan buat memperbaiki diri kita lebih baik lagi.. Betul kan tan?!" Katanya..

"Wooww, I loved it!! Dan jangan lupa.. be your self.." Kataku sambil memeluknya.. "Jadi kita belajar gitar ga niih?"

"I'm ready..."

"Okay, simpan jemari kamu disini.. Untuk grip C, posisi kamu begini, dan petik snar disini. Good..! Lalu D begini, E, F, G, A, Dminor.. "
Bla bla bla.. Akupun mulai mengajari Mitha memainkan gitar.
(sstt, ABG manis ini cepet banget bisa lho.. Kayanya dia berpotesi dibidang musik)

Selamat ngabuburit ya guys.. ^_*

Fariana Riri Sastradiredja
6 Agustus 2011
Fariana Riri Sastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar